6 Penyebab bau setelah berolahraga

Begitu banyak keuntungan yang ditawarkan dari olahraga, mulai dari energi yang meningkat, organ tubuh selalu sehat, mengurangi risiko diabetes, otak lebih tajam, tetapi kadang muncul pula efek lain; bau tak sedap. Tak ada yang punya aroma tubuh harum semerbak setelah berolahraga, itu sudah jelas, tetapi ada kebiasan-kebiasaan tertentu yang bikin tubuh Anda berbau lebih parah usai berolahraga.  Berikut ini di antaranya :

Bahan pakaiannya

Bahan pakaian dari nylon atau polyester bisa menghambat aliran udara dan mencegah keringat menguap dari kulit, dan akhirnya bisa menjadi tempat perkembangbiakan kuman dan bakteri penyebab bau tak sedap. Sebisanya carilah baju olahraga yang bisa memberi jalan untuk keringat menguap supaya tidak memberi kesempatan kuman untuk berkembangbiak. Disarankan untuk mencari busana olahraga yang memang dirancang untuk olahraga dan yang cukup longgar supaya tidak menahan keringat untuk menguap atau mengalir.

Sereal

Makanan-makanan berserat tinggi, seperti kacang-kacangan dan sereal tertentu bisa sebabkan gas pada perut saat berolahraga kardio, jelas Erin Palinski, RD, CPT, seperti dikutip dari Fitbie. Untuk menghindari gas pada perut, hindari makanan yang mengandung lebih dari 5 gram serat sebelum olahraga, hindari pula gula alkohol, yang biasanya terdapat pada permen karet bebas gula, karena bisa sebabkan gas pada perut dan kembung. Jika Anda ingin mengkonsumsi makanan berserat tinggi, tunggu 1-2 jam baru mulai olahraga.

Antiperspiran

Jika obat antibau badan Anda tidak mengandung deodoran, maka akan sulit melawan bau badan. Antiperspiran efektif meminimalisir air tak berbau (keringat) yang dikeluarkan oleh kelenjar ekrin untuk membantu tubuh tetap dingin. Tetapi kelenjar keringat lain yang perlu dikhawatirkan, yakni kelenjar apokrin, yang letaknya di ketiak, dekat selangkangan, dan payudara, yang mengeluarkan keringat plus makanan yang disukai bakteri. Untuk itu, carilah antibau badan yang mengandung deodoran untuk menetralisir baunya. Kebanyakan produk mengkombinasikan antiperspiran dan deodoran, tetapi perlu diingat, deodoran umumnya digunakan untuk menyamarkan bau badan, tidak ada produk yang benar-benar bisa menghilangkan bau badan.

Tak pernah cuci tas

Anda mungkin punya kebiasaan langsung menaruh baju olahraga langsung ke bak cucian kotor begitu tiba di rumah, tetapi bagaimana dengan tasnya? Setiap ia berkenaan dengan baju basah keringat, lama kelamaan ia akan mulai bau juga. Jangan lupa untuk juga mencuci tas olahraga Anda sesekali. Gunakan sedikit deterjen pada air hangat, masukkan ke mesin cuci, putar beberapa saat, atau sikat bagian dalamnya jika ingin mencuci dengan tangan, keringkan, dan jemur.

Mandi di rumah

Sudah hal yang sangat jelas, untuk menghilangkan bau pada badan, mandi adalah caranya. Tetapi kapan Anda mandi usai olahraga adalah faktor penting. Keringat saja tak akan membuat Anda berbau, tetapi begitu berinteraksi dengan bakteri pada kulit, bau itu pun terjadi. Bakteri berlipat ganda dalam waktu 20 menit, jadi usai berolahraga akan lebih baik jika Anda mandi segera ketimbang ditahan-tahan sampai rumah. Usai memegang barang-barang di gym pun sebaiknya segera cuci tangan karena kombinasi metal, karet, dan pembersih bisa sebabkan aroma tak sedap, jangan lupa mencuci tangan usai menggunakan alat.

Salah sepatu

Salah memilih sepatu juga bisa menjadi penyebab aroma tak sedap usai olahraga. Carilah sepatu yang memiliki lubang untuk aliran keringat. Semakin cepat keringat menguap, makin berkurang waktu untuk bakteri penyebab bau itu beraksi. Cari pula kaus kaki yang dibuat khusus untuk olahraga, hindari yang berbahan tidak serap keringat.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: