4 Alasan Malas Berolahraga

Enggak sempat, terlalu lelah, membosankan, dan tak punya disiplin adalah 4 hal yang paling sering dijadikan alasan untuk tidak berolahraga. Padahal, Anda tahu ada begitu banyak manfaat yang bisa digali dari latihan olahraga yang sesuai untuk kondisi tubuh dan rutin dilakukan. Berikut adalah tips yang bisa Anda lakukan untuk melawan alasan-alasan tersering itu.

“Enggak ada waktu untuk olahraga”

Bagi Anda yang supersibuk dan merasa tak punya waktu untuk berolahraga, artinya Anda mesti memiliki energi tinggi untuk bekerja. Salah satu yang bisa Anda lakukan adalah dengan menciptakan sebuah alur olahraga yang berintensitas tinggi, punya efek dahsyat, tetapi tidak memakan waktu.

Caranya, dengan membuat urutan latihan kardio tingkat tinggi yang dipadu dengan gerakan untuk kekuatan. Latihan ini disebut circuit training. Bisa dilakukan sekitar 30 menit di gym atau dengan memanfaatkan alat-alat yang serupa di mana pun. Mulai dengan pemanasan selama 5 menit (mulai dari berjalan kaki lalu percepat hingga lari), lalu lakukan gerakan squat (salah satu kaki melebar ke depan, lalu tekuk), lalu bergelayut di tiang melintang dan tarik badan (mulai dengan menaruh kedua kaki di tanah, lalu tarik tubuh Anda). Selanjutnya, ambil 2 menit untuk berlari cepat diikuti istirahat 2 menit. Ulangi urutan tersebut 3 kali lagi.

“Saya terlalu lelah untuk berolahraga”

Tidak semua olahraga harus berkaitan dengan kelelahan fisik yang amat sangat seperti olahraga kardio. Olahraga ringan, seperti yoga, khususnya Vinyasa (biasa pula dikenal flow), bisa merevitalisasi tubuh dan membantu membuat seseorang semangat berolahraga. Setelah beberapa menit, jantung pun akan mulai bekerja lebih keras, otak jadi lebih jernih, dan energi meningkat. Tetapi jangan tertipu oleh kelemahlembutan gerakannya. Olahraga ini butuh daya otot yang luar biasa. Tubuh Anda akan melakukan gerakan pertahanan yang cukup tinggi.

“Olahraga bikin bosan”

Mungkin Anda bukan tipe orang yang senang melakukan gerakan yang sama berulang-ulang, apalagi berdiam di tempat yang sama tanpa kejelasan. Atau melatih otot tanpa mendulang pengetahuan lain buat Anda adalah hal yang percuma. Tetapi ada bentuk latihan tubuh lain yang bisa Anda lakukan, yakni berdansa atau mengikuti kelas bela diri. Gerakan-gerakan tari yang mengikut ritme lagu akan membangkitkan semangat. Olahraga dansa ini melatih beragam otot pada tubuh, lho.

“Saya bukan tipe orang yang punya disiplin”

Tubuh masih dalam kondisi cukup sehat, tak ada orang yang menyemangati, sehingga Anda malas untuk berolahraga, bisa jadi alasan berat. Supaya bisa meningkatkan semangat lagi, coba cari ajang-ajang olahraga bersama untuk kebaikan atau amal supaya bisa jadi motivasi diri. Salah satu yang paling dekat, gerak jalan . Cara lainnya, janjian dengan teman lain, dengan begitu Anda jadi lebih termotivasi untuk tidak mengecewakan orang lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: