Olahraga dapat menurunkan berat badan

Hippocrates, seorang yang sampai sekarang dikenal sebagai bapak ilmu kedokteran, berkata 2418 tahun yang lalu : “Orang gemuk yang ingin mengurangi berat badan harus berolahraga dengan perut kosong dan duduk untuk berbicara sementara masih terengah-engah”. Pandangan tersebut mempunyai makna yang penting sampai sekarang ini, bahwa olahraga adalah cara yang baik untuk mengurangi berat badan.

Beberapa penelitian mengenai hubungan olahraga dan mereka yang kegemukan, ternyata menunjukan hasil yang lebih baik daripada hanya mengurangi makanan. Misalnya, penelitian atas mahasiswa yang kegemukan menunjukan, bila mereka mengurangi makanannya untuk 1200 kalori, mereka akan kehilangan 1,36 kg berat badan dalam waktu seminggu. Tetapi bagi mereka yang berjalan dua jam per hari dengan kecepatan 5 km/jam dapat mengurangi berat badan untuk 2,26 kg dalam seminggu.

Pada tahun 1975 di ceritakan tentang 34 orang wanita yang menderita kegemukan yang telah hampir putus asa oleh sebab berbagai usaha untuk mengurangi berat badan untuk beberapa tahun melalui diet tidak juga berhasil. Mereka mulai bergerak untuk berjalan kaki. Hari demi hari mereka menambah waktu dan jarak jalan kakinya, sampai mencapai 40 menit per 3 km per hari. Setahun kemudian 11 orang yang terus bertahan telah mengurangi berat badannya untuk 10 kg.

Penelitian lain menunjukkan seorang laki-laki usia pertengahan yang kegemukan, dengan lari 4,5 km per hari untuk 3 kali seminggu akan mengurangi berat badannya hingga 5 kg dengan tidak mengurangi jumlah makanan yang dimakannya.

Nah.. marilah kita mencoba teroritis Hippocrates ini untuk mengurangi berat badan kita..

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: