MANFAAT DAN KEUNTUNGAN JALAN KAKI

Tanpa kita sadari bahwa dewasa ini dalam kehidupan kita sering mengalami beberapa masalah yang berhubungan dengan gangguan kesehatan, hal ini mungkin terjadi karena kurangnya aktivitas olahraga yang dilakukan oleh tubuh kita. Kita terlalu sibuk dan terjebak dengan runtinitas pekerjaan yang terkadang membuat kita lupa dan tidak memiliki banyak waktu untuk berolahraga. Padahal olahraga yang paling mudah untuk kita lakukan sebenarnya adalah dengan berjalan kaki, bahkan ditengah aktivitas kita bekerja untuk memenuhi kebutuhan kita aktivitas berjalan kaki dapat pula kita lakukan sebagai alternatif untuk mengatasi kejenuhan kita dalam bekerja.

Seperti yang telah saya jelaskan pada potingan terdahulu, bahwa aktivitas olahraga dengan berjalan kaki yang merupakan salah satu olahraga paling murah dan meriah serta mudah untuk dilakukan ternyata memiliki begitu banyak manfaat dan keuntungan bagi kita yang melakukannya.

Berikut beberapa manfaat dan keuntungan yang kita peroleh bila kita melakukan olahraga dengan berjalan kaki :

  1. Dengan melakukan aktivitas berjalan kaki secara bertahap, teratur, dan cukup lama, maka jumlah dan besarnya  pembuluh-pembuluh darah kita akan bertambah, sehingga peredaran darah kita menjadi lebih efisien.
  2. Dengan melakukan aktivitas berjalan kaki ini akan menaikkan elastisita pembuluh-pembuluh darah darah, sehingga dapat mengurangi kemungkinan pecahnya pembuluh-pembuluh darah itu jika tekanan darah kita naik.
  3. Dengan melakukan aktivitas olahraga berjalan kaki ini secara teratur, otot-otot  dan peredaran darah kita akan bekerja lebih efisien, yang berarti otot dan darah kita akan lebih sempurna dalam mengambil, mengedarkan, dan menggunakan oksigen.
  4. Dengan beraktivitas olahraga berjalan kaki, jantung kita akan mendapat keuntungan karena juga akan bekerja lebih efisien, yaitu memompa darah dalam jumlah yang lebih banyak dengan denyutan lebih jarang, serta akan lebih tahan terhadap kemungkinan serangan penyakit jantung.
  5. Dengan melakukan aktivitas berjalan kaki membuat kita akan memperoleh bertambah kuatnya ketahanan kita terhadap stress. Hal ini akan membuat kita bisa lebih menikmati hidup ini, karena sesungguhnya stress pasti muncul dalam kehidupan rutin manusia, dan tentunya akan terasa lebih parah bila tubuh/jasmani kita tidak aktif dan produktif.
  6. Dengan melakukan aktivitas berjalan kaki, dapat menurunkan kadar lemak dalam darah, misalnya kolesterol dan trigliserida, sehingga bahaya pengendapan lemak pada dinding-dinding pembuluh darah dapat dikurangi.
  7. Dengan melakukan aktivitas olahraga berjalan kaki ini juga mengurangi terjadinya penggumpalan darah, sehingga kemungkinan tersumbatnya pembuluh-pembuluh darah yang menuju otot jantung akan berkurang.
  8. Dengan beraktivitas olahraga berjalan kaki akan menurunkan kadar gula dalam darah, sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya perubahan gula darah menjadi trigliserida atau lemak.
  9. Dengan berolahraga berjalan kaki dapat mengurangi terjadinya proses kegemukan/obesitas dan tekanan darah tinggi/hypertensi.

Demikianlah beberapa manfaat dan keuntungan yang akan kita dapatkan sekaligus bila kita melakukan aktivitas berjalan kaki dengan teratur dan terprogram dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: