GERAK JALAN, OLAHRAGA YANG TERLUPAKAN

Olahraga jalan atau lebih dikenal sebagai gerak jalan, kini semakin banyak diminati. Tidak hanya di kota-kota besar, orang tua maupun muda, pria maupun wanita, tiap pagi kalau cuaca cerah bisa kita lihat sering menyusuri jalan-jalan kota. Kegiatan olahraga dengan menu utama jalan kaki pun kini semakin marak di selenggarakan di beberapa kota. Baik dalam rangka memperingati hari-hari besar nasional ataupun hari-hari ulang tahun dari suatu lembaga atau organisasi.

Beberapa tahun silam gejolak olahraga gerak jalan itu begitu mendominasi pada saat memperingati hari-hari besar nasional, sebut saja Lomba Gerak Jalan Tradisional Mojokerto – Surabaya, Bogor – Jakarta, bahkan pernah juga Bandung – Jakarta. Tetapi seiring dengan kemajuan jaman dan semakin padatnya jumlah kendaraan bermotor, kebiasaan gerak jalan ini mulai tergusur bahkan dapat kita katakan hampir punah ditelan kemajuan jaman.

Padahal banyak orang yang tidak mengetahui bahwa dalam melakukan aktivitas olahraga dengan berjalan kaki banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh untuk kesegaran dan kesehatan tubuh dan secara tidak langsung pula kita dapat mensukseskan anjuran pemerintah “mengolahragakan masyarakat, dan memasyarakatkan olahraga” sangat tepat dilakukan melalui event gerak jalan karena mudah untuk dilakukan bahkan sempat tenar dengan istilah 5 M yaitu :

Mudah

Aktivitas gerak jalan sangatlah mudah untuk dilakukan oleh siapa saja, baik orang tua maupun muda, pria maupun wanita, bahkan semua orang dengan tingkatan koordinasi tubuh, dapat melakukannya.

Murah

Tidak dapat diragukan lagi bahwa aktivitas olahraga gerak jalan atau berjalan kaki adalah satu-satunya  aktivitas olahraga yang tidak memerlukan biaya apapun. Perlengkapan ang dibutuhkan hanyalah sepasang sepatu, bahkan beberapa ahli kesehatan menganjurkan untuk berjalan kaki dilakukan dengan tidak mengenakan alas kaki, agar titik-titik refleksi di telapak kaki dapat tersentuh secara alamiah dengan permukaan jalan.

Meriah

Olahraga gerak jalan dapat dilakukan oleh banyak orang dalam suasana yang gembira, dan karena dilakukan sambil santai bahkan sambil bercanda, maka suasana yang terjalin selama melakukan aktivitas ini akan meriah.

Massal

Sering kita saksikan dalam memperingati hari-hari besar nasional ataupun hari-hari ulang tahun organisasi-organisasi  ataupun lembaga-lembaga  besar di negara ini sering melakukan kegiatan gerak jalan sehat dengan melibatkan sekian banyak orang dan dilakukan secaa bersama-sama. Baik secara berkelompok kecil ataupun besar, bergabung antara wanita dan pria, anak-anak ataupun orang dewasa bahkan orang tua.

Manfaat

Tidak perlu kita ragukan lagi manfaat dari kebiasaan berjalan kaki ini, terlalu banyak manfaat yang akan kita dapatkan baik berupa meningkatnya derajat kesegaran dan kesehatan tubuh ataupun keuntungan-keuntungan lain seperti rekanan ataupun persahabatan dengan mengenal banyak orang pada saat kita berjalan kaki bersama-sama.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: